TBRPG

RPG atau Role Playing Game adalah salah satu genre dimana kita menjadi salah satu karakter dalam game dan ikut menjadi bagian cerita dalam game tersebut. Identik dengan item, equipment, HP, dan lain-lain. RPG mempunyai subgenrenya sendiri. Diantaranya MMORPG (Massive Multiplayer Online RPG), SRPG (Strategy RPG), JRPG (Japan RPG), serta teman-temannya. TBRPG pun termasuk dalam teman-temannya.

TBRPG (Turn Based RPG) adalah salah satu subgenre RPG yang bergameplay seperti catur, yakni ganti-gantian, antara musuh dan player. Sedikit berbeda dengan SRPG yang tidak perlu menunggu musuh jalan dan player bisa terus menerus jalan (Musuh pun begitu). Game-game yang bergenre TBRPG adalah Fire Emblem, Final Fantasy Tactics, Legend of Ixtona, dan sejenisnya.

Dalam TBRPG, tentu ada elemen RPGnya. Player bisa mengganti equipment, membeli item, menerima mission, dan seterusnya. Perbedaannya terletak di gameplay. Kalau di RPG player hanya memainkan 1 karakter yang itu-itu aja (Kalaupun berganti atau lebih, kita hanya bisa menjalankan satu saja), kalau di sini player bisa memainkan banyak karakter sekaligus.

Player dituntut menjadi juru taktik (Kadang punya karakternya sendiri di game). Player akan mengarahkan beberapa orang kubu player untuk mengalahkan kubu musuh, seperti catur. Ada 2 jenis TBRPG. Ada yang player menjalankan kubunya hingga selesai dan menekan end, ada juga yang urutan jalan player dan musuh ditentukan dengan stats speed karakternya. Perbedaan dengan RPG sangat terasa, kalau yang biasanya bisa jalan-jalan, di sini tidak.

Dan yang pasti, bermain game TBRPG tidak serumit bermain catur.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Terserah atau Seterah ?

Proto Melayu Dan Deutro Melayu