Nanas

Nanas (Ananas comosus) adalah buah berbiji yang berwarna kuning yang memiliki duri di kulitnya dan tangkai berdaun di atasnya. Warna ujung durinya adalah hitam dan daun tangkainya berwarna hijau. Bila buah ini dibelah, daging buahnya berwarna kuning dan terasa manis jika dimakan.

Nanas adalah sejenis tumbuhan tropis yang berasal dari Brasil, Bolivia, dan Paraguay. Nanas ditanam melalui bijinya.

Nama 'nanas' berasal dari sebutan orang Tupi untuk buah ini: anana, yang bermakna "buah yang sangat baik". Nanas relatif memiliki sebutan yang sama di berbagai bahasa, kecuali Bahasa Inggris, mereka menyebutnya pineapple. Disebut pineapple karena memiliki kemiripan dengan pohon pinus.

Nanas dikenal memiliki 4 jenis. Yaitu Nanas Cayene yang memiliki daun halus, tidak berduri dan buah besar, Nanas Queen yang memiliki daun yang pendek dan berduri tajam, buah lonjong mirip kerucut, Nanas Spanish yang memiliki daun panjang kecil, berduri halus sampai kasar, buah bulat dengan mata datar, dan Nanas Abacaxi memiliki daun panjang dan berduri kasar, buah silendris atau seperti piramida. Sementara Nanas Madu, bukan merupakan sebuah spesies baru, hanya gelar yang disematkan pada nanas yang lebih besar namun sejenis. Sama halnya dengan kelapa kopyor.

Dalam 100 gram nanas, terdapat 52 kalori, 85,3 gram air, 13,7 gram karbohidrat, 400 mg fosfor, 400 mg serat, 200 mg lemak, 24 mg vitamin C, 16 mg kalsium, 11 mg fosfor, 0,3 mg zink, dan 0,08 vitamin B1.

Olahan nanas bisa berbagai macam. Bisa jadi selai, kue, rujak, dan lain-lain. Bisa juga dimakan langsung begitu saja. Tentu saja, setelah mengupas kulitnya.

Daftar Pustaka:
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Nanas
http://manfaatnyasehat.blogspot.co.id/2013/10/manfaat-buah-nanas.html?m=1
http://retnowulan029.blogspot.co.id/2016/03/aneka-jenis-tanaman-buah-nanas.html?m=1
http://m.kotasubang.com/2630/tips-menentukan-nanas-si-madu-yang-asli
http://caramenanam.net/cara-menanam-nanas/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Terserah atau Seterah ?

Proto Melayu Dan Deutro Melayu