Review Rime Berta Android

Kali ini, akan ada review tentang game android. Namanya Rime Berta. Rime Berta adalah game yang bergenre TBRPG. Jadi, mainnya ganti-gantian sama musuh.

Kalau udah pernah main Fire Emblem, gameplaynya mirip-mirip kayak gitu, cuma grafiknya lebih lumayan, agak 3D lah. Untungnya, di sini ga ada sistem permadeath dan stagenya bisa diulang, bagus buat levelling. Kelebihan yang lainnya, Rime Berta Full Voice, meskipun dalam Bahasa Jepang. Tapi tenang saja, ada Bahasa Inggris dalam pilihan optionnya.

Mari bahas field. Mirip Final Fantasy Tactics Advance, ada terrain dan ketinggian. Dari jumlah unit, kita hanya bisa membawa 5 saja, cukup sedikit untuk game strategi yang melawan musuh lebih dari 5 unit.

Jangan kaget!. Di Rime Berta, tidak ada equipment, shop, dan item. Kalo ga bawa healer, kelabakan sudah. Susah. Apalagi kalau pilih yang hard. (Easy dan normal ga greget).

Namun, ada evolution tree dan level skill. Setiap skill, punya level sendiri-sendiri. Semakin sering dipakai, semakin banyak SPnya dalam bentuk persen.

Dari segi control, semuanya smooth, tidak ada masalah. Manualnya juga lengkap. Tambahan, ada beberapa yang tak tercantum di manual. Terutama di bagian control.

Zoom out:
Dua jari di pojok saling berlawanan. Tarik ke tengah layar.
Zoom in:
Dua jari di tengah layar. Geser ke pojok yang berlawanan.
Rotate:
Dua jari sejajar. Tarik ke kanan bersamaan untuk memutar ke kiri. Berlaku sebaliknya.
Ketinggian:
Dua jari sejajar. Tarik ke atas bersamaan untuk merendahkan kamera. Berlaku sebaliknya.

Setiap kita menyelesaikan 1 stage, yang berarti mengalahkan semua musuh, kita akan dapat 1 unit musuh secara acak. Kita bisa allow atau deny dia. Silakan sesuaikan dengan strategi Anda.

Kalau kira-kira ga sanggup menyelesaikan suatu stage, kita bisa menyerah dan menarik diri. Itu tidak disarankan. Andaikan kepepet, itu juga berguna. Exp yang didapat para unit tidak akan hangus.

Tak lengkap rasanya tanpa bahas story. Tetapi, di sini penulis tidak bahas itu. Silakan cari sendiri.

Untuk gamenya, download di Google Play Store. Sedikit bocoran, game ini  berukuran kurang lebih 100 MB dan offline.

Satu hal lagi, jangan main game ini saat sedang sibuk atau dalam perjalanan!. Karena, apabila Anda sedang bertarung, lalu close, Anda harus mengulanginya dari awal pertarungan. Untungnya, expnya tadi masih kebawa. Selamat bertaktik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Terserah atau Seterah ?

Proto Melayu Dan Deutro Melayu