Visual Novel

Visual novel adalah novel yang mempunyai visual. Maksudnya, cerita novel yang mempunyai gambar ilustrasi. Visual novel biasanya berbentuk aplikasi. Aplikasi itu dapat dijalankan di berbagai sistem operasi, baik desktop maupun mobile, tergantung pembuat visual novel tersebut.

Perbedaannya dengan novel ialah pada ilustrasinya. Kalau biasanya ilustrasi novel terdapat di sampul depannya saja, maka visual novel seluruhnya ada ilustrasinya. Perbedaannya dengan komik, tentu saja cara pemaparan ceritanya. Barang tentu juga dengan cerita pendek.

Visual novel memiliki ilustrasi yang berwarna. Latar belakangnya, maupun karakternya. Nah, seperti komik, karakter atau tokohnya digambarkan. Tokohnya pun memiliki ekspresi dan gesturnya sesuai ceritanya (Tergantung visual novelnya).

Seperti novel, ada sudut pandang. Sudut pandang orang ketiga, kita hanya menonton ceritanya berjalan. Sementara sudut pandang orang pertama, kita bisa memengaruhi jalan ceritanya.

Yaitu menggunakan pilihan yang tersedia dalam visual novelnya. Nanti akan ada beberapa jalur yang bisa dipilih. Inilah yang membuat akhir cerita dari visual novel berbeda-beda dan bisa dibaca kembali. Lagi-lagi, tergantung visual novelnya, ya?!.

Keunggulan lainnya adalah adanya suara latar belakang dan tokohnya (Untuk ini, tidak tersedia di semua visual novel). Inilah yang membuat visual novel berbeda dari yang sebelum-sebelumnya. Dengan begini, akan lebih terasa kedalaman ceritanya.

Lalu, apa bedanya dengan animasi?. Itu juga ada karakter dan suara. Perbedaannya adalah, di visual novel, teks ceritanya masih tercetak atau tampil di visual novel/aplikasinya meskipun mungkin sudah didubbing. Kalau begitu, selamat mencoba visual novel.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Terserah atau Seterah ?

Proto Melayu Dan Deutro Melayu