Alternatif Penerangan Saat Mati Listrik

Mati listrik adalah saat dimana aliran listrik di rumah kita terputus disebabkan berbagai hal. Bisa karena tersambar petir, kabel putus, meteran turun, ataupun yang tidak kita ketahui penyebabnya. Selain itu, waktunya juga bisa kapan saja. Bisa pada pagi hari, siang hari, sore hari, ataupun malam hari. Masih bagus bila pada siang hari. Bagaimana kalau pada malam hari?.

Mati listrik tentu mempengaruhi kehidupan kita, termasuk untuk penerangan. Tanpa adanya listrik, lampu tidak akan bisa menyala. Berikut adalah alternatif penerangan selain lampu saat mati listrik.

1. HP

Untuk menggunakannya, pastikan HP/Handphone/Ponsel/Telepon genggam memiliki baterai yang memadai untuk digunakan. Kita bisa menggunakan aplikasi senter LED di HP. Atau setidak-tidaknya, kita bisa maksimalkan kecerahan HP dan mengunakan layarnya untuk penerangan.

2. Laptop

Sedang main laptop saat mati listrik, boleh juga. Jangan dimainkan laptopnya!. Kita hanya butuh cahaya dari layarnya. Dengan begitu, laptop kita bisa bertahan lebih lama.

3. Lampu darurat

Kalau ada ini, HP tidak dibutuhkan lagi, karena cahayanya lebih terang dan lebih luas jangkauannya. Bagi yang belum tahu, lampu darurat adalah lampu tempel yang bisa dicharge, sama seperti HP, dan digunakan pada saat-saat darurat, seperti mati lampu.

4. Senter

Ini kalau lampu darurat tidak ada juga. Senter ada 2 jenis, ada yang memakai baterai dan ada yang dicharge. Pada awalnya senter hanya menyorot satu arah saja. Namun, pada masa kini, jenis cahaya senter bisa berbagai macam, tergantung modelnya.

5. Lilin

Mungkin benda ini masih bisa berguna selain di acara ulang tahun. Atau lilin ulang tahun kemarin malah digunakan sebagai penerangan darurat saat mati listrik?. Boleh saja. Itu lebih bagus. Selain menghemat uang untuk membelinya, kita juga menghemat lilin lainnya dan membagi lilin itu pada orang lain yang berulang tahun.

6. Petromak

Salah satu benda langka pada saat ini selain kompor minyak. Kenapa langka?. Karena minyak tanahnya sendiri sudah langka. Berbahan minyak tanah, ada sumbunya, dan berguna buat penerangan saat mati listrik. Saat ini sulit ditemukan rumah mana yang masih memilikinya.

7. Generator listrik

Kalau ada ini, mati listrik bukan jadi masalah. Hanya perlu dinyalakan, dan lampu sudah kembali menyala.

Itulah 7 alternatif penerangan saat mati listrik. Semoga bermanfaat saat kejadian.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Terserah atau Seterah ?

Proto Melayu Dan Deutro Melayu